10 Kebenaran yang Diketahui Pemimpin Besar Namun Tak Diketahui Orang Banyak

Sama dengan bidang lainnya, kepemimpinan selalu berjalan melalui tren dan perubahan. Dan jika kamu ingin menjadi pribadi yang sukses, kamu harus tetap berada di puncak performa kepemimpinan tersebut. Kepemimpinan gaya lama memang seperti itu, dan apa yang kita lakukan saat ini sangatlah berbeda dengan masa lalu. Untuk memahami kepemimpinan, kamu membutuhkan kemampuan untuk memisahkan pemikiran yang sudah lampau dengan cara kerja saat ini.

Berikut ini adalah konsep-konsep kepemimpinan kontemporer :

Orisinalitas dan Transparansi Aturan

Di dalam era sosial media, ketidakjujuran akan mudah sekali untuk dibuktikan. Jika kamu atau perusahaanmu berbohong, menipu atau memanipulasi angka maka kesalahan tersebut akan terekspos dengan sangat tinggi di media. Sangatlah mudah di era sosial media seperti sekarang membuat viral dengan konten yang bersifat negatif. Jika rekan Indopreneurs ingin reputasi bisnisnya tidak tercoreng maka berhati-hatilah dalam melakukan pekerjaan.

Citra diri adalah reputasimu

Di masa lalu ketika seseorang ditanyakan masalah reputasinya mereka cenderung fokus terhadap karakter yang mereka tampilkan di depan umum dan masa lalunya. Di era digital citra diri anda merupakan bentuk reputasi anda juga. Apa yang rekan Indopreneurs ucapkan dan lakukan hari ini itulah yang mereka persepsikan tentangmu. Pastikanlah citra dirimu terjaga dengan baik.

Jika kamu tidak terlibat secara sosial maka kamu akan ketinggalan perahu

Sebagai seorang pemimpin rekan Indopreneurs perlu untuk mengkomunikasikan pesan dengan baik dan selalu berada online dalam waktu yang tepat. Hal ini menandakan bahwa rekan Indopreneurs bukan hanya hadir di media sosial saja, tetapi juga menjadi cerdas dan memiliki sesuatu untuk dikatakan. Bersembunyi di balik pintu ruang rapat tidaklah lagi menjadi pilihan yang tepat.

Kolaborasi merupakan mata uang baru bagi bisnis modern

Jika rekan Indopreneurs tidak saling berbagi, bekerja sama, berkolaborasi, maka rekan Indopreneurs akan gagal untuk terlibat dalam sistem bisnis modern saat ini. Hal ini merupakan salah satu faktor yang sangat signifikan terhadap bisnis rekan Indopreneurs kedepannya. Harga dari kolaborasi yang dilakukan oleh rekan Indopreneurs akan terbayar oleh kepemimpinanmu dan organisasimu.

Pilihan baru yang berlimpah

Sekitar 35% dari kekuatan kerja masa kini adalah wirausaha dan angka tersebut sepertinya akan terus bertambah. Kebanyakan orang-orang merubah jalur karir mereka di masa paruh baya dan mulai berfikir untuk memulai bisnis . Jika dibuat sebuah perbandingan dari sembilan orang yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang tertentu hanya ada 5 orang yang akan bekerja sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Hal ini dikarenakan pilihan-pilihan yang dimiliki oleh mereka begitu banyak dan variatif. Di era digital dimana sudah banyak Jasa SEO Profesional seperti sekarang masa untuk membuat senang atasan sudah berakhir, harus berfikir sesuatu yang lebih jauh dibandingkan hal itu.

Keterhubungan memiliki arti kebebasan

Dulu kepemimpinan dikendalikan melalui percakapan tradisional. Saat ini email, internet dan sosial media menjadi pengganti percakapan tradisional. Kepemimpinan yang didasarkan pada kekuasaan semata saat ini sudah tidak begitu laku lagi. Keterhubungan secara sosial menjadi kekuatan kepemimpinan terbaik di era modern.

Komunitas memiliki peran penting

Sebuah organisasi tidak akan eksis apabila berada di sebuah lingkungan yang vakum. Tidak ada ruang untuk menjadi seorang pemimpin yang diktator dalam masa kepemimpinan kontemporer. Untuk membudidayakan komunitas diperlukan tipe pemimpin yang bisa mendorong setiap orang untuk bekerja sama dengan visi dan tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi.

Jika kamu tidak bisa merangkul, maka kamu sudah menuju jalan keluarmu sendiri

Mendengarlah lebih kepada mereka yang belajar untuk merangkul, ambil peran yang aktif dalam kepemimpinan untuk memberikan ruang bagi mereka yang selama ini tak bersuara. Selain itu tetaplah untuk bisa bersikap asertif dalam pekerjaan dan jangan biarkan bias membuat mereka jadi terhenti menuju kemajuan.

Tentukan spesialisasi anda dengan berbagi apa yang anda ketahui

Di dalam sebuah zaman informasi, seseorang yang membagikan informasi paling banyak diantara yang lain akan terlihat sebagai seorang ekspertise di bidangnya. Jika rekan Indopreneurs ingin menjadi seorang pemimpin tentukanlah spesialisasimu terlebih dahulu, membagikan informasi merupakan sebuah bukti untuk meningkatkan pengaruhmu secara publik.

Kamu tidak membutuhkan sebuah gelar untuk memimpin

Setiap orang mampu untuk menjadi seorang pemimpin. Kapasitasmu menjadi seorang pemimpin tak lagi ditentukan oleh gelar atau posisi yang rekan Indopreneurs miliki saat ini. Potensi rekan Indopreneurs untuk membuat suatu pengaruh dalam lingkungan dimiliki oleh hampir setiap orang dan hal tersebut merupakan faktor yang signifikan dalam kepemimpinan. Hanya saja ada orang yang masih belum menyadari pengaruh yang bisa mereka miliki di lingkungannya. Rasanya saya tidak perlu menyebutkan para pemimpin bisnis paling terkenal di dunia ini yang tidak memiliki gelar sarjana sekalipun.

Dalam beberapa tahun kedepan kita akan mendapatkan gambaran lengkap baru mengenai kepemimpinan. Ketika, orang-orang yang akan memimpin pada masa itu sudah berada di belakang kita. Maka tugas kita sekarang adalah merubah dunia yang ada di sekitar kita.